Cara Natural Redakan Gangguan Perut



Cara Natural Redakan Gangguan Perut [ www.BlogApaAja.com ]

Sebagian besar kita pasti pernah mengalamiperut kembung, nyeri dan rasa panas hingga gangguan sembelit. Rasa tidak nyamanyang ditimbulkan tentu bisa menganggu aktivitas sehari-hari.



Sebelum mencoba obat-obatan resep, Anda bisamencoba obat alami untuk meredakan bahkan menghilangkan gangguan pada sistempencernaan. Berikut beberapa diantaranya, seperti dikutip ivillage:

Menyesap Sari Cuka Apel



Sakit perut, maag atau gangguan pencernaansebenarnya bisa dicegah dengan asam malat dan tartrat dalam sari cuka apel. Duaasam ini membantu memperkuat pencernaan sehingga mengosongkan perut dengancepat.

Caranya, encerkan satu sendok makan cuka apeldalam 2 gelas air dan minum sebelum makan. Perbaikan pencernaan akan mulaiterlihat dalam 24 jam.

Santai Saat Makan



Mereka yang menghabiskan waktu makan malam 30menit berpeluang 32 persen lebih sedikit mengalami gangguan pencernaan dansakit perut dibandingkan mereka yang makan kurang dari 10 menit, menurutpenelitian di Charleston University of South Carolina.

Gary Gitnick, MD, dari UCLA School of Medicinemengatakan makan dengan santai mengurangi mulas, dan kembung.

Mengunyah Permen Karet



Peneliti di Rumah Sakit Inggris St Thomasmengungkap, makan permen karet mencegah maag karena menggandakan aliran airliur ke dalam kerongkongan, yang menetralkan asam lambung. Satu permen karetbebas gula dapat meredakan gangguan perut dengan segera.

Minum Segelas Teh Peppermint



Secangkir teh memiliki 40 senyawa alami yangbaik untuk pencernaan. Tiga cangkir teh setiap hari dapat mencegahdispepsia pada wanita hingga 75 persendalam 48 jam. Asupan 8 ons sebelum makan dapat mencegah kembung hinggaberjam-jam.

Berendam Air Hangat



Berendam dalam air hangat mengurangi kembungdalam 72 jam, menurut para peneliti di Universitas Logan Utah. Mandi air hangatmampu menenangkan seluruh sistem saraf pusat, dan membuat orang lebih tenang.

Saat rileks, kita menelan udara 67 persenlebih sedikit daripada ketika sedang stres sehingga memengaruhi kemampuan ususmenyerap makanan.

Mengunyah Manisan Jahe



Dua potong manisan atau permen jahe mampumengurangi kembung dan rasa tak nyaman hingga 88 persen dalam waktu 30 menit,kata peneliti di Rumah Sakit University di Cleveland. Menariknya, rasa manispedas jahe mengurangi mual dan panas di perut tanpa menimbulkan rasa kantuk.

Makan Roti Gandum



Sembelit dialami wanita lebih banyak daripria. Dan, roti gandum ternyata lebih efektif daripada obat pencahar, sekaligusmemperbaiki sistem pencernaan.

Buah-buahan dan Sayuran Matang



Masalah pencernaan paling umum terjadi padawanita adalah sindrom iritasi usus (IBS). Gangguan ini dialami satu dari limawanita. Akibat IBS, penderita rentanmengalami mulas, sembelit, diare dan gejala lainnya.

Diet kaya buah matang dan sayuran yang dimasakmembantu mengurangi gangguan pencernaan pada 60 persen wanita dalam waktuseminggu.

"Zona Nyaman" Setelah Makan



Jika Anda rentan mengalami sakit perut,kembung atau gejala tidak nyaman, coba bersantai sejenak setelah makan selama 5menit. Rileks sambil membayangkan hal-hal positif membantu hingga 89 persenwanita meredakan gangguan pencernaan dalam seminggu.

Yoga



Stres salah satu penyebab gangguan saluranpencernaan. Untuk mencegah dan menguranginya, luangkan waktu berlatih yogaselama 20 menit. Hal ini akan mengurangi gangguan pencernaan hingga 70 persendalam satu minggu.

: vivanews

Follow On Twitter