Tips Mengontrol Keringat










Bagian tubuh manusia mana yang paling berkeringat? Jawabannya bukan ketiak, melainkan punggung bagian atas, demikian menurut penelitian dari Universitas Loughborough. Sementara tangan, jari, dan kaki adalah bagian tubuh yang paling jarang mengeluarkan keringat. Keringat memang menyebalkan dan membuat tubuh jadi bau. Tetapi keringat itu penting karena tugasnya mengeluarkan panas dari dalam tubuh. Berikut ini tips bagaimana cara mengontrol keringat. Simak selengkapnya:

Ganti baju

Jika tubuh sudah bau akibat keringat, biasanya orang akan memilih untuk mandi. Tetapi jika Anda tidak sempat melakukan itu, sebaiknya ganti baju yang agar bau keringat tidak terlalu tajam menyengat.

Mengelap

Seseorang cenderung suka mengelap dahi yang berkeringat. Sebenarnya, secara teoritis kebiasaan itu tidak memberi efek apa-apa. Sebab jumlah keringat yang diseka pada dahi tidak seberapa dibandingkan yang dikeluarkan tubuh keseluruhan.

Minum air

Jika Anda termasuk orang yang selalu berkeringat, jangan malas minum air putih. Sebab jika tidak, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Aktivitas seperti olahraga biasanya membutuhkan tambahan cairan yang cukup banyak karena tubuh berkeringat.

Pembersih

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika Anda sering berkeringat namun tidak sempat mandi, ganti baju dan bersihkan daerah yang lembap. Pembersih itu akan membantu untuk membunuh bakteri dan membuat bau badan tidak terlalu asam.

Kelenjar keringat

Tinggal di daerah bersuhu tinggi jelas akan membuat Anda lebih sering berkeringat. Sementara daerah bersuhu rendah atau dingin membuat tubuh jarang mengeluarkan keringat. Jangan khawatir soal itu, sebab kelenjar keringat akan beradaptasi sesuai kondisi lingkungan.


Follow On Twitter